Minggu, 05 April 2015

KOMENTAR VTR



LEARNING TRAJECTORY
Sumandita Noviani
Dikdas/ P2TK
14712259013

1.      Pendapat/komentar saya setelah melihat video pembelajaran tersebut :
Saya sungguh tidak menyangka akan pembelajaran tersebut. Tidak ada bayangan sama sekali akan reaksi murid-murid di kelas tersebut. Dengan hanya sedikit penjelasan atau petunjuk dari guru, siswa diminta untuk mendalami table yang ada dan diminta untuk membuat kesimpulan tentang table tersebut, apa yang dapat mereka lihat dari table perkalian tersebut. Guru selalu menggunakan media untuk suatu pembelajaran. Dengan ,media tersebut, guru tidak perlu banyak menerangkan siswanya, siswa yang akan mencari tahu dan menemukan sendiri tentang pengetahuannya. Saya sungguh tidak menyangka, siswa akan mempunyai pendapat yang seperti itu, saya tidak membayangkan apakah murid saya di sekolah bias melakukan hal yang sama seperti yang ada dalam video tersebut. Dari presentasi kelompok dua, disitu anak dapat menemukan sifat komutatif dan bilangan kuadrat hanya dari mencermati tabel yang ada. Sedangkan kelompok lain juga menemukan hal lain yang tidak sama dari kelompok-kelompok yang ada. Hanya dari satu media table perkalian tersebut, dalam satu hari, anak sudah menemukan dan belajar banyak hal. Guru tidak perlu menerangkan apa itu komutatif, apa itu bilangan kuadrat, dll. Murid-murid tersebut juga dapat menyampaikan pendapatnya dengan lancer, bisa memberi alasan dan argument tentang penemuan mereka, sedangkan murid yang lain mendengarkan dan menyampaikan pendapat serta usul serta pertanyaan yang terkait dengan penemuan tersebut. Dengan adanya presentasi tersebut justru mereka belajar dari teman sebaya  mereka, penemuan dari teman-teman mereka. Dari video tersebut dapat dilihat bahwa guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing bagi siswa untuk bisa menemukan pengetahuan baru tersebut. Saya tidak tahu apakah murid-murid saya dapat melakukan hal yang sama. Mereka bebas mengutarakan pendapatnya, guru juga tidak pernah menjudge apakah mereka benar atau salah. Menurut saya pendapat mereka semuanya benar dan tidak ada yang salah. Saya tidak menyangka anak seumuran mereka dapat berpikir sejauh itu.
2.      Pertanyaan  tentang video tersebut :
a.       Apakah guru sudah punya bayangan akan reaksi dan pendapat yang akan diajukan oleh anak-anak ?
b.      Apakah guru selalu membuat media pembelajaran untuk setiap materi ?
c.       Pembagian peran dalam team teaching apakah disesuaikan dengan keahlian masing-masing guru atau semua guru harus bisa?
d.      Bagaimana cara menilai kemampuan anak dengan hasil yang berbeda-beda tersebut? Kapan guru melakukan penilaian, karena selama pembelajaran tersebut saya tidak melihat guru melakukan penilaian.
e.       Bagaimana cara guru untuik menampung semua pendapat siswa yang berbeda-beda ?
3.      Kelebihan dan kekurangan metode dan perangkat pembelajaran yang selama ini ssudah dipraktekkan dan seberapa jauh kita belajar dari video untuk mempengaruhi dan memperbaiki praktek pembelajaran kita :
Kelebihan pembelajaran yang selama ini saya lakukan adalah saya selalu membuka diri terhadap semua pendapat dan jawaban dari seluruh murid-murid saya. sebisa mungkin saya menggunakan media pembelajaran, kalaupun tidak bisa, saya menggunakan media LCD dan laptop untuk menerangkan materi pembelajaran kepada anak.  Kekurangan pembelajaran yang selama ini dilakukan adalah saya masih banyak melakukan ceramah, lebih banyak memberi tahu kepada murid-murid saya daripada membiarkan mereka menemukan sendiri pengetahuan baru. Dari video tersebut saya banyak belajar, bahwa jika anak-anak dibiasakan untuk menemukan sendiri pengetahuannya maka mereka justru akan menemukan lebih daripada yang bias kita bayangkan atau yang kita ajarkan selama ini. Anak-anak akan terbiasa mengungkapkan pendapat dan belajar berbicara di hadapan teman-temannya di depan kelas serta mereka akan mempunyai alas an-alasan sendiri yang membuat mereka bias memutuskan seperti hal tersebut. Hal itu tidak akan saya dapatkan selama saya masih mendominasi kelas dan membiarkan mereka untuk bereksplorasi dan menemukan sendiri pengetahuannya.  Saya akan berusaha untuk menjadi lebih baik lagi terutama saya sudah mempunyai contoh yang nyata bagaimana membelajarkan murid tanpa banyak mendominasi dan memberi tahu mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar