Selasa, 26 Mei 2015

learning trajectory matematika SD


KOMPETENSI DASAR ISI BERPIKIR MATEMATIKA (Shigeo Katagiri) RME PIAGET BURNER PERANGKAT PEMBELAJARAN FILSAFAT IDEOLOGI
REFRENSI/line KURIKULUM 2013   SIKAP   MATEMATIKA   METODE    MATEMATIKA    KONTEN   MATEMATIKA
3.11 Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek) L1 : Comparison of two equal length. Language : longer, shorter, etc Saintifik Mencoba untuk berpikir berdasarkan data yang dapat digunakan, sebelumnya dipelajari item, dan asumsi Pemikiran analogis Klarifikasi set objek untuk dipertimbangkan dan dikecualikan dari objek set, dan kondisi untuk dimasukkan mengklarifikasi  Penyusunan RME menggunakan Ice Berg Approach by Moerlands gambarnya di halaman selanjutnya. Tahap perkembangan untuk siswa kelas 1 yaitu operasional konkret (7-11 th).Panjang penggaris, pensil, penghapus, buku Pada tahap enaktik siswa belajar dengan menggunakan benda konkret msl menggunakan pencil,  tahap ikonik dengan gambar yang menunjukkan bahwa penggaris lebih panjang dari pensil, anak kelas 1 belum sampai pada tahap simbolik Collaborative Learning Konstrutivisme
3.5. Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar T2 : day, night, today, tomorrow, yesterday, days of week Saintifik Mencoba untuk menemukan masalah matematika dalam fenomena berpikir deduktif Klarifikasi dan memperluas makna hal dan operasi, dan mencoba untuk berpikir berdasarkan ini (Idea operasi Penyusunan RME menggunakan Ice Berg Approach by Moerlands gambarnya di halaman selanjutnya. Tahap perkembangan untuk siswa kelas 2 yaitu operasional konkret (7-11 th). Membaca dari KD jika pada teori Bruner barusampai tahap ekonik. Namun pelaksaaan biasanya guru juga menyampaikan sampai tahap simbolik. Collaborative Learning Kontruktivisme
  Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari (k3) L3: Conservation Experince/W3: Conservation experience/T4 : Recognition of special time on the clock face Saintifik Mencoba untuk memilah dan mengatur objek ketika mengekspresikan mereka Berpikir pembangunan Mencoba untuk memahami gambaran besar dari obyek dan operasi, dan menggunakan hasil dari pemahaman ini (Ide pendekatan). Penyusunan RME menggunakan Ice Berg Approach by Moerlands gambarnya di halaman selanjutnya. Sesuai tahap perkembangan Operasional Konkret (7-11 th) maka siswa kelas 3 belajar dengan menggunakan benda konkret. Pada KD ini rancangan pembelajaran pada menggunakan 2 tahapan  yaitu enaktik, ikonik. Collaborative Learning. Konstruktivisme.
3.16 Menentukan nilai terkecil dan
terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
L6 : standar units : metre, centimetre/W6: Standar units 1/2 kilogramme, 200g, 100 g/ T7: Activities involving the passsage of time : the mminutes, the second Saintifik Mencoba untuk mengambil tindakan yang sesuai dengan tujuan
Berpikir yang menyederhanakan   Fokus pada aturan dasar dan sifat (Idea sifat mendasar) RME menggunakan teori Bruner terdapat dihalaman selanjutnya. Tahap perkembangan siswa kelas 4 pada operasional konkret (7-11 th). Pada tahap enaktik siswa mengukur panjang benda dengan penggaris, tahap ikonik dengan gambar yang menunjukkan pengukuran benda dan tahap simbolik bisa dalam bentuk soal isian Collaborative Learning Konstruktiitis.
3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala A6: calculation of area using squared paper/L6 Standar units : metre, cm Saintifik Mencoba untuk menemukan masalah matematika dalam fenomena Berpikir Integratif (termasuk pemikiran yang luas)
dan berpikir pembangunan
Klasifikasi dan memperluas makna hal-hal dan operasi, dan mencoba untuk berpikir berdasarkan ini (ide operasi). Penyusunan RME menggunakan Ice Berg Approach by Moerlands gambarnya di halaman selanjutnya. Tahap perkembangan untuk siswa kelas 5 yaitu operasional konkret (7-11 th). Pada tahap enaktik siswa belajar dengan menngunakan benda konkret msl mengukur panjang dan lebar kelas,  tahap ikonik dengan memperkecil ukuran kelas dan menggambarkannya di buku dan tahap simbolik bisa dalam bentuk soal isian. Collaborative Learning. Konstruktivisme.
  Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menentukan kalimat matematika yang sesuai dan solusi dari masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data yang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain  serta membuktikan kebenaran atau masuk akalnya jawaban                 collaborative learning Konstruktivisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar